Mengenal Apa Itu Devisa Secara Bahasa dan Istilah

Daftar isi [Tampil]

Ketika membahas mengenai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), banyak yang mengaitkannya sebagai sumber devisa negara. Kemudian saat berdiskusi masalah ekspor dan impor, kata devisa kembali digunakan. Bahkan perihal inovasi teknologi pun dikaitkan juga dengan devisa.

Sebenarnya bagaimana cara memaknai kata devisa dari segi bahasa dan istilahnya? Meskipun diksi devisa telah lumrah digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun masih banyak yang awam terhadap maknanya. Penggunaan kata ini kerap dipadankan dengan konteks ekonomi dan pariwisata, sehingga digunakan secara luas dan cair.

Devisa secara istilah

Istilah devisa paling lumrah dipasangkan pada kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi, baik secara makro maupun mikro. Karenanya tak heran jika tiap aspek yang bersinggungan dengan pelaksanaan ekonomi pasti dikaitkan dengan diksi ini.

Namun yang perlu diperhatikan adalah lingkup penggunaannya. Istilah devisa tidak hanya melekat pada ekonomi Negara secara individual saja, melainkan membahas juga mengenai ekonomi dalam taraf internasional, yang bersinggungan dengan Negara lain.

ilustrasi devisa dan pertukaran mata uang
ilustrasi devisa dan pertukaran mata uang

Dalam pemaknaan yang lebih luas, devisa juga kerap diturunkan untuk ke perangkat ekonomi dalam ranah otonomi daerah. Lihat pula: jasa pembelian barang dari china

Devisa secara bahasa

Secara bahasa, devisa memiliki makna yang beragam. Pertama, KBBI memaknai devisa sebagai alat pembayaran dunia. Devisa bisa digunakan dan dipertukarkan secara internasional.

Kedua, devisa diartikan sebagai jumlah kekayaan yang dimiliki oleh sebuah Negara yang telah diakui oleh dunia internasional. Nilai kekayaan ini harus bisa dikonversi secara internasional, dan digunakan untuk kegiatan ekonomi. Ketiga, devisa dideskripsikan sebagai jenis valuta asing yang dimiliki oleh sebuah Negara, yang dapat diterima oleh dunia internasional.

Ketiga deskripsi di atas memiliki satu benang merah, yaitu memaknai devisa sebagai alat pembayaran yang bisa digunakan dan diakui secara internasional.

Jenis devisa

Untuk lebih memahami makna alat pembayaran internasional, berikut adalah jenis devisa yang ada di dunia.

  • Devisa berdasarkan sumber

Jika ditilik dari sumbernya, maka devisa dapat dikategorikan menjadi dua yaitu devisa kredit yang didapatkan dari proses pinjaman luar negeri, dan devisa umum yang didapatkan dari proses ekspor-impor dan perputaran ekonomi Negara.

  • Devisa berdasarkan bentuk

Terdapat 3 bentuk umum devisa, yaitu valuta asing, surat berharga dan surat wesel internasional. Valuta asing merupakan nilai mata uang yang diakui oleh pasar internasional dan dapat digunakan. Surat berharga umumnya datang dari surat kepemilikan saham, obligasi, serta commercial papers.

Sedangkan wesel internasional berasal dari kiriman mata uang asing ke Indonesia. Perubahan nilai mata uang akan meningkatkan perputaran modal yang ada di dalam negeri. Karena itulah para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kerap disebut sebagai pahlawan devisa.

Itulah pemaknaan kata devisa dari segi istilah dan bahasa. Saat ini pemerintah tetap berusaha mendongkrak devisa Indonesia dengan meningkatkan faktor internal dan eksternal. Yaitu dengan menguatkan koneksi di dunia internasional, menaikkan nilai mata uang, sekaligus menggenjot kuantitas ekspor.