Monday, April 12, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Supaya website bekerja dengan maksimal, perlu memilih hosting yang tepat. Saat ini ada beberapa jenis hosting yang dapat digunakan untuk menunjang kinerja website. Beberapa jenis yang populer adalah VPS dan shared hosting. Namun, di lapangan VPS lebih banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan dibanding shared hosting seperti berikut ini. 

Kelebihan VPS Dan Shared Hosting
keunggulan vps dibanding shared
keunggulan vps dibanding shared

Kendali akun secara penuh

VPS merupakan hosting yang dapat dikendalikan secara penuh sehingga Anda bisa mengendalikan dan memantau perkembangan website secara langsung. Selain itu, akun bersifat privat membuat akun tidak terpengaruh dengan keberadaan server lain pada level OS meskipun menggunakan hosting VPS yang sama.  


Hal serupa juga berlaku saat pembuatan atau sinkronisasi komputer yang menggunakan OS tanpa reboot lebih dari satu. Tidak hanya itu, VPS juga bersifat virtual yang didapatkan dari sistem operasi server pada layar virtual. Sistem tersebut kemudian membagi server ke beberapa partisi sehingga setiap pengguna atau user bisa memasang software atau OS tersebut.


Sementara shared hosting akan terganggu dan performa kinerja website akan terganggu jika ada server lain menggunakan hosting yang sama. Oleh karena itu, shared hosting sebaiknya tidak berbagai sumber daya kepada server laun karena website bisa terkena dampak dan kualitas menurun. 

Lebih aman

Kelebihan VPS berikutnya yakni memiliki kualitas keamanan yang terjamin. Keberadaan disk space, CPU core, memori dan perangkat lainnya membuat website menjadi lebih aman. Tingkat keamanan pada VPS diberikan untuk setiap server dengan tingkat ekstra. 


Pengaturan yang tepat membuatnya website memiliki jaminan keamanan yang pasti serta tak perlu membagi server dengan user lainnya secara default. Batas perlindungan dan keamanan tersebutlah yang membuat banyak pengguna memilih VPS ini untuk hosting website.


Uruk shared hosting sebenarnya cukup aman namun tidak ada jaminan bahwa keamanan tersebut dapat bekerja dengan baik dan menyimpan data tanpa ada kebocoran. Apabila terjadi pelanggaran maupun kesalahan pada situs, maka keamanan server yang dipertaruhkan karena situs keamanannya cukup rentan. 

Lebih cepat

Bagian penting dalam memilih hosting yakni dari segi performa. VPS merupakan hosting website dengan kecepatan yang baik serta kestabilan yang konsisten sehingga website dapat bekerja secara optimal. Dengan menggunakan VPS bandwidth yang diperoleh akan lebih banyak dan beragam sehingga website dapat dimuat dalam beberapa detik saja tanpa adanya resource.


Bisa dikatakan bahwa website yang menggunakan VPS jauh lebih siap terhadap lonjakan traffic dengan performa yang maksimal. Hal tersebut berbanding terbalik dengan shared hosting yang sejatinya lebih fokus untuk hosting pemula dengan skala yang lebih kecil sehingga perlu persiapan matang dan berhati-hati jika sewaktu-waktu mengalami lonjakan pengunjung lebih dari kapasitas. 

Akses root

Keunggulan dari VPS selanjutnya yaitu akses root atau super user ke server dimana ia berfungsi untuk meminta akses atau izin root ke aplikasi lainnya sehingga user dapat mengakses website dengan leluasa. seperti yang diketahui bahwa untuk akses super user ini memerlukan aplikasi atau perantara agar akses root bisa dijalankan melalui akses sistem salah satunya dengan menggunakan VPS ku termurah


Selain itu, website akan tetap stabil bahkan jika ada kendala pada traffic user yang kerap kali muncul saat beroperasi. Bahkan tak jarang muncul masalah pada website itu sendiri sehingga ada beberapa bagian yang sulit teratasi jika tidak menggunakan hosting. Namun dengan VPS, kendala tersebut tidak akan berpengaruh terhadap website Anda. 

Pemilihan sistem operasi

Menggunakan VPS cukup menguntungkan karena sistem operasi yang digunakan cukup beragam dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya terdapat dua pilihan sistem operasi hosting yang bisa dimanfaatkan untuk berpindah antar OS Linux dan OS lainnya. Selain itu, Anda dapat memilih berbagai jenis enterprise seperti Ubuntu, fedora, Debian, CentOS dan lain sebagainya.


Bagian menarik lainnya, pada VPS terdapat layanan berupa upgrade resource server. Pada layanan tersebut Anda bisa memperbarui disk space, RAM, bandwidth, CPU dan lain sebagainya untuk meningkatkan kualitas website.

Jenis Konfigurasi

Pada VPS setidaknya terdapat dua jenis konfigurasi yakni Unmanaged dan Managed. Pada Unmanaged peraturan atau setting hosting dapat diatur sesuai dengan keinginan. Sedangkan managed merupakan konfigurasi yang sudah diatur sesuai aturan atau default. 


Konfigurasi managed diatur dengan mengurutkan bagian yang dapat mengerjakan bagian terpenting terlebih dahulu. Namun perlu diketahui konfigurasi ini diatur dan diurutkan sesuai penyedia VPS masing-masing. Sedangkan shared hosting hanya memiliki satu jenis konfigurasi yakni konfigurasi managed pada setiap sistemnya.


Itulah beberapa kelebihan VPS dan shared hosting yang patut diketahui. Setiap hosting baik VPS maupun shared hosting memiliki kelebihan masing-masing untuk kinerja website sehingga Anda dapat menyesuaikan pemilihan hosting dengan tujuan. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post