Wednesday, November 25, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Menjadi blogger yang sukses tentunya memiliki keuntungan dan manfaat yang lebih seperti penghasilan yang lebih dari cukup dan dikenal oleh banyak orang karena. Sebagai gambaran dan motivasi Anda bisa membaca riwayat kesuksesan dari para blogger terkenal seperti Marikxon Manurung, Rhein Mahatma, Yodhia Antariksa, Trinity, Taufik Hidayat, Iwan Banaran dan masih banyak lagi.


Pada dasarnya, membuat blog dapat dilakukan oleh semua orang dan itu artinya semua orang juga juga bisa menjadi blogger sukses jika tekun dan memiliki niat. Jika tertarik dalam dunia blogger, Anda harus mau belajar berbagai macam hal agar blog yang dihasilkan memiliki daya saing.


Pembuatan blog yang asal-asalan hanya akan bertahan hingga 1-3 bulan pertama. Hal ini karen mereka tidak memiliki perencanaan yang matang seperti topik yang tidak tidak konsisten, konten yang kurang berkualitas, tidak tekun memperbaharui isi dari blog, bahkan promosi yang tidak jelas.

4 Cara Sukses Menjadi Blogger di Indonesia
4 Cara Sukses Menjadi Blogger di Indonesia


Meskipun sudah banyak informasi dan tutorial, harus kita akui bahwa tidak semua informasi yang beredar itu benar. Beberapa bloger pemula sering terjebur dalam lingkaran setan ini, yang akhirnya tidak menghasilkan apa-apa.


Mereka akan cenderung menemukan banyak informasi yang tidak jelas ketika membaca panduan dari A akan berbeda dengan B bahkan sampai Z pun sering bertentangan. Akhirnya mereka tidak melakukan usaha lebih dan putus asa yang membuat mereka berhenti di tengah jalan.


Namun Anda tidak perlu kuatir karena dalam kesempatan kali ini, karinov akan memberikan sedikit tips untuk menjadi seorang blogger sukses.

4 Cara Sukses Menjadi Blogger di Indonesia

Perencanaan blog tentunya sangat diperlukan agar Anda tidak membuang banyak waktu memikirkan apa yang harus ditulis di blog. Berikut ini adalah pembahasan dan langkah awal bagaimana Anda memulai membuat blog yang tentunya akan menarik untuk dibaca dan dikunjungi.

1. Menentukan topik utama blog

Jangan pernah menyepelekan tahap ini karena banyak dari blogger pemula gagal dalam blog mereka. Faktanya setiap hari ada sekitar 2,73 juta konten baru diterbitkan oleh pengguna blog di seluruh dunia. Sekitar 70% dari konten tersebut hanya mendapatkan tidak lebih dari 5.000 pengunjun setiap bulannya, atau bisa dibilang kisaran 150 per hari.


Selain topik yang tidak jelas, tentunya topik yang dipilih tidak begitu menarik oleh banyak orang dan yang lebih parahnya lagi, para blogger pemula tidak terlalu menguasai topik itu sendiri.


Para pengunjung akan lebih tertarik jika blog yang Anda miliki berisi tulisan yang berkualitas, bermanfaat, dan menarik tentunya. Hal ini karena jika seseorang tidak tahu mengenai sebuah topik, maka mereka akan mencari blog yang dapat mengajarkan mereka mengenai topik tersebut.


Maka dari itu Anda diharuskan untuk memilih topik yang Anda kuasai agar dapat mengembangkan blog kedepannya dengan mudah. Ada beberapa kelebihan dari memilih topik yang Anda kuasai, seperti blog Anda akan menjadi blog otoritas dan menjadi rujukan bagi mereka yang membutuhkan.


Pointnya adalah, memilih niche sebelum membuat adalah penting. Pilihlah jenis niche blog yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut adalah  jenis-jenis niche blog yang bisa digunakan.


  • Whole niche: blog yang membahas seluruh jangkauan dari satu topik. Jika topic utamanya mengenai blogger, maka pembahasan yang diambil adalah seluruh topik itu sendiri. Sebagai contoh pembahasan akan dimulai dari panduan blogger, template blogger, SEO website, dan yang lainnya.
  • Broad niche: berbeda dengan jenis niche blog sebelumnya, blog ini hanya membahas dari sebagian topik saja. Contohnya jika topik umumnya adalah blogger, Anda bisa membahas mengenai menghasilkan uang dari blog. Pembahasan yang lebih rincinya adalah SEO untuk blogger sampai menotize log Anda.
  • Themed niche: niche blog yang membahas hanya satu pembahasan dari topik umumnya. Jika topik umumnya blogger, maka yang dibahas sebagai contoh hanya mengenai SEO off page blogger saja.
  • Micro niche: niche blog ini sangat sempit dan terarah untuk detail pembahasannya. Dari topik umum mengenai blogger, yang dibahas di sini contohnya hanya SEO on page khusus mengenai riset keyword saja.

2. Memilih platform yang tepat

Ada begitu banyak platform blog yang setiap masing-masing memiliki fitur yang berbeda. Sebelum menentukan platform blog mana yang bagus, alangkah baiknya Anda mencari terlebih dahulu pilihan-pilihan dari  yang tersedia.


Platform yang populer dan sering digunakan adalah Blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org. Dari ketiga platform tersebut tentunya memiliki masing-masing perbedaan, baik dari tampilan, layanan, maupun kemudahan.


Pertama akan kita bahas mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang berasal dari perusahaan yang sama.


Yang membedakan adalah WordPress.com adalah layanan hosted dan WordPress.org adalah self hosted. Perbedaan dari kedua layanan tersebut bisa diibaratkan sebagai tempat tinggal di mana self hosted adalah hunian milik pribadi sedangkan hosted adalah hunian seperti apartemen yang masih menumpang di tanah milik orang lain yang bisa digunakan secara gratis.


Pun demikian dengan Blogger.com yang juga merupakan sebuah hosted. Dengan kata lain WordPress.org adalah 100% miliki Anda.


WordPress baik hosted maupun self hosted sampai saat ini mendapat peringkat pertama sebagai CMS (Content Management System) terbaik dan paling populer. Presentase popularitasnya sekitar 39% dari total penggunaan CMS lainnya. Sedangkan Blogger.com berapa pada peringkat keempat di data penggunaan CMS paling populer.


Tingkat kemudahan pembuatan dari Wordpress.com maupun Blogger.com adalah sama. Keduanya memiliki kesamaan kemudahan karena yang diperlukan hanya mendaftarkan akun website yang Anda miliki. Hal ini tidak sama dengan WordPress.org yang memiliki tingkat pembuatan lebih sulit karena Anda harus menyewa domain dan hosting sebelum melakukan instalasi.


Pembuatan dan pengembangan dari WordPress.com dan Blogger.com sama sekali tidak membutuhkan biaya untuk membuat akun. Meskipun storage yang memang dibatasi, tapi Anda bisa meningkatkan kapasitas dengan membayar bulanan. WordPress.com dibatasi 3 GB sedagkan Blogger.com gratis 15 GB.


Jika Anda merasa tidak perlu membeli domain, maka website Anda akan menjadi seperti ini : websiteanda.wordpress.com. Namun, jika Anda ingin website Anda tidak memiliki nama domain perusahaan lain, maka biaya yang diperlukan adalah Rp 100.000,00 per tahun (setiap ekstensi beda biaya).


Sedangkan untuk pengubahan WordPress.org menjadi nama domain anda sendiri, Anda memerlukan biaya domain dan hosting yang berkisar sekitar 350.000 - 400.000 setiap tahun dengan kapasitas 1-10GB. Kesimpulan dari biaya ketiga platform ini adalah WordPress.org membutuhkan biaya awal sedangkan WordPress.com dan Blogger tidak membutuhkan biaya. Tetapi dalam pengembangannya, WordPress.org nantinya akan menjadi lebih mudah.

3. Menentukan layanan hosting & domain

Bagi yang belum paham apa itu hosting dan domain, singkatnya domain adalah nama atau alamat website Anda sedangkan hosting adalah tempat anda menyimpan file-file yang diposting di website Anda. Baik hosting maupun domain adalah menggunakan sistem sewa yang harus membayar setiap bulan/tahun.


Peran hosting dan domain untuk blog Anda adalah mencegah permasalahan seperti mati mendadak atau tiba-tiba tidak bisa diakses.


Beberapa hosting dan domain yang bisa Anda gunakan sebagai rekomendasi adalah NameVheap (domain), BlueHost atau HostGator (hosting internasional untuk website yang menggunakan bahasa inggris) dan Niagahoster.


Selain menentukan berapa kapasitas hosting, memperhatikan nama domain yang akan digunakan juga tidak kalah penting. Beberapa tips menentukan nama domain yang kami rekomendasikan seperti menyesuaikan dengan topik, hindari nama yang mirip dengan website populer, mudah ditulis dan diingat, hindari angka maupun minus (-), dan jangan menggunakan merk orang lain.

4. Manajemen Konten

Diatas sudah kami jelaskan untuk menentukan topik, tidak hanya menentukan, bagian yang paling akhir dan tidak akan ada habisnya adalah melakukan manajemen terhadap konten blog anda dimulai dari riset keyword, pembuatan konten, publikasi, sampai dengan distribusi.


Bagian ini adalah hal yang harus anda lakukan, lagi, lagi dan lagi. Yas, ini adalah bagian yang tidak anda habisnya dan harus anda ulangi secara terus-menerus.


Kita harus sadar bahwa yang dijual oleh pemilik blog adalah konten, jika tidak konsisten dalam mempublikasikan konten, seiring berjalannya waktu blog anda juga akan tenggelam.


Itulah 4 hal yang harus Anda ingat ketika ingin menjadi blogger sukses di Indonesia dengan karya Anda yang bisa bermanfaat orang lain. Sudah siap untuk menjadi seorang blogger? Terus semangat dan selalu ingat quote klasik yang mengatakan "tidak ada kesuksesan yang instant".

Next article Next Post
Previous article Previous Post