Tuesday, September 22, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Toyota Fortuner merupakan mobil SUV yang tangguh dengan dimensi yang besar membuatnya terlihat lebih sporty dan gagah. Toyota Fortuner dapat dikendarai di segala medan dengan tetap memberikan kenyamanan. Toyota Fortuner memiliki dua pilihan bahan  bakar yaitu bensin dan diesel. Jumlah liter oli diesel untuk Toyota Fortuner dan juga untuk oli bensinnya berbeda sehingga harus memilih oli mobil yang tepat untuk Toyota Fortuner anda. 

Perbedaan Oli Mesin Bensin dan Diesel

Terdapat banyak pilihan oli mesin untuk mesin bensin maupun mesin diesel sehingga harus memperhatikan spesifikasi oli yang dibutuhkan. Ada beberapa oli yang hanya bisa digunakan untuk satu jenis mesin saja baik itu untuk mesin bensin atau hanya mesin diesel. Namun ada juga beberapa oli mesin yang dapat digunakan untuk mesin berbahan bakar bensin dan diesel sekaligus. Tentu harus memahami perbedaan mendasar antara oli mesin bahan bakar bensin dan bahan bakar diesel.


Perbedaan penggunaan oli pada mesin berbahan bakar bensin dan mesin diesel terletak pada karakter mesin mobil. Secara teknis, bahan bakar pada mesin diesel memiliki ruang bakar yang lebih panas sehingga menyebabkan lingkungan kerja menjadi lebih berat. Di dalam kandungan bahan bakar diesel juga mengandung Sulfur yang pada sisa pembakaran akan berubah menjadi jelaga.

fortuner berpeforma tinggi
Toyota fortuner berpeforma tinggi

Sedangkan mesin berbahan bakar bensin mengandalkan busi untuk membakar bensin dan juga memiliki putaran mesin yang cukup tinggi. Berbeda dengan mesin diesel yang memiliki putaran rendah namun tetap bisa menghasilkan suhu yang tinggi karena mengandalkan kompresi tinggi untuk pembakaran.


Perbedaan lainnya terletak pada viskositas dan juga kandungan deterjennya. Untuk bahan bakar pada mesin diesel termasuk memiliki suhu yang lebih panas dan juga selama proses pembakaran akan memberikan sisa jelaga sehingga memiliki viskositas yang lebih kental dan juga memiliki kandungan deterjen yang baik.


Oli yang lebih kental akan membuat oli bahan bakar akan lebih tahan terhadap suhu ruang bakar yang tinggi sehingga tidak merusak komponen dan juga kandungan kimia yang terkandung di dalam bahan bakar.


Lihat pula: Ini Jenis-jenis Oli Mesin Diesel


Sedangkan jelaga yang muncul akan dibilas menggunakan detergen. Apabila jelaga tidak dibersihkan maka akan menyebabkan timbulnya kerak pada komponen mesin sehingga dapat berdampak pada kerusakan dan juga pembakaran pada mesin. 


Sedangkan untuk mesin bahan bakar bensin memiliki viskositas yang lebih encer untuk menyesuaikan dengan putaran mesin yang lebih tinggi. Kandungan deterjennya tidak terlalu tinggi karena ruang bahan bakar juga tidak terlalu kotor. Maka dari itu penggunaan oli mesin bensin jika digunakan pada mesin diesel maka akan bekerja lebih berat. 

Jumlah Liter Oli Toyota Fortuner

Jumlah liter oli diesel untuk Toyota Fortuner yaitu Toyota Genuine ATF WS 9,5 liter untuk transmisi otomatis dan mesin bensin yaitu 8,5 liter. Toyota Fortuner juga membutuhkan servis berkala yang disarankan untuk melakukan penggantian oli setiap menempuh jarak 10.000 km atau bisa disesuaikan dengan seberapa seringnya mobil digunakan. 


Toyota Fortuner menggunakan mesin 2GD FTV 4-silinder segaris yang sudah dilengkapi dengan teknologi VNT Intercooler dan common rail. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 147 daya kuda pada putaran 3.400 rpm dan juga torsi maksimal 400 Nm pada putaran 1.600 rpm – 2.000 rpm. Transmisi yang digunakan yaitu transmisi otomatis 6-percepatan


Penggunaan oli Toyota Fortuner haruslah memang harus yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil agar kinerja mobil dapat bekerja lebih baik dan tidak memberikan dampak negatif pada mobil. anda bisa menggunakan oli dengan bahan sintetis-blend untuk menjaga mesin mobil dari keausan dan karatan. 


Penggunaan bahan campuran dapat membuat mesin mobil menjadi lebih awet dan juga dapat menjaga kinerja mobil agar tetap dapat beroperasi dengan baik meskipun sering digunakan. Tingkat penguapan oli berbahan sintetis-blend lebih rendah sehingga penggunaannya lebih efisien. Oli memang memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap tenaga kekuatan mesin dan juga daya tahan mesin mobil. Apalagi untuk mesin diesel yang bersuhu tinggi pada prosesnya. Maka dari itu baik oli bensin maupun oli diesel untuk Toyota Fortuner harus diganti secara rutin dan tepat waktu agar mesin mobil dapat tetap bekerja efisien dan tenaga yang dihasilkan tetap maksimal.

Next article Next Post
Previous article Previous Post