Sunday, August 30, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Berbagai macam kain yang ada di dalam dunia konveksi tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Karakteristik tersebut bisa dijadikan panduan saat memilih kain untuk keperluan pakaian yang sesuai dengan itu. Salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik tersendiri adalah kain drill dari garment Surabaya. Berikut beberapa pembahasan lengkap mengenai kain drill.

Karakteristik Kain Drill

Ciri-ciri kain drill di antaranya:
Contoh baju american drill dari Vido Garment
Contoh baju american drill dari Vido Garment

  • Ketebalan
Kain drill memiliki ketebalan yang berbeda-beda menurut jenis dan kelasnya. Meskipun cenderung tebal, kain ini tetap terasa ringan saat dikenakan.

  • Warna
Warna kain drill dominan adalah warna khaki atau warna yang terlihat menyerupai debu. Namun, ada juga kain drill yang memiliki warna bervariasi yang bisa dipilih sesuai keinginan.

  • Tekstur
Tekstur khas kain drill yakni pintalannya yang miring atau diagonal serta kuat dan tidak mudah lepas. Tekstur kain inilah yang membedakannya dengan jenis kain yang lainnya. Kain juga terasa lembut dan nyaman digunakan, cocok untuk iklim tropis.

  • Bagian Dalam dan Luar
Tidak sulit untuk membedakan bagian luar dan bagian dalam kain, karena warna kedua bagian tidak sama. Perbedaan keduanya juga bisa dikenali dari teksturnya, yakni tekstur bagian luar yang lebih halus.

  • Tidak Mudah Robek dan Kusut
Pintalannya yang kuat dan teksturnya yang tebal membuat kain ini tidak mudah robek. Kain ini juga tidak mudah kusut, sehingga sangat mudah dan cepat untuk disetrika.

Jenis Kain Drill

Kain drill rupanya juga memiliki berbagai macam jenis seperti kain yang lainnya, di antaranya:

  • Twist / Twill Drill
Twist drill merupakan jenis kain drill yang memiliki sifat kedap air (water repellent) dengan serat-serat yang kecil. Dengan sifatnya tersebut, kain ini sering dijadikan bahan untuk membuat jaket almamater yang dilengkapi dengan zipper.

  • American Drill
Ukuran serat pada jenis American drill lebih kecil dibandingkan dengan serat twist drill. Bahan yang sering digunakan untuk membuat jas almamater ini memiliki tekstur yang halus. Bahan ini juga memiliki dua jenis, yakni American drill katun dan American drill polyester.

  • Japan Drill
Japan drill merupakan jenis kain drill yang memiliki serat lebih besar dari jenis-jenis sebelumnya. Dengan serat yang besar, kain Japan drill menjadi kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah robek. Meski memiliki ketebalan kain yang lebih besar dari jenis lainnya, Japan drill tetap nyaman digunakan karena komposisi katunnya yang lebih banyak.

  • Hisofy Drill
Hisofy drill hampir sama dengan Japan drill tetapi teksturnya lebih lembut dan kain cenderung lebih lemas, sehingga lebih sejuk saat dikenakan.

  • Castilo Drill
Dibandingkan dengan jenis drill lainnya, castilo drill merupakan yang paling murah. Meskipun murah, kain ini tetap nyaman dipakai serta tidak mudah kusut dengan pintalan yang kuat dan rapat.
Macam-macam kain drill dengan karakteristiknya yang unik bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post