Sunday, June 2, 2019

author photo

Jika dirurut dari sejarahnya, proses otomatisasi informasi ini tentunya tidak datang begitu saja, namun melalui proses yang amat panjang. Dimana dalam kehidupan manusia, manusia itu sendiri selalu mencari jalan bagaimana mempermudah pekerjaannya dalam melakukan sesuatu.

Lihat saja penggunaan sempoa yang digunakan oleh manusia semenjak 3000SM lalu. Mereka menggunakannya untuk mempermudah proses perhitungan aritmatika.

Kemudian Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khworizmi dengan konsepnya yang hidup pada masa 770-840 Masehi yang mencetuskan suatu konsep hingga menjadi kunci penalaran logika pada dunia informatika yang dikenal dengan istilah Algoritma . Algoritma itu sendiri berasal dari nama panggilan beliau yaitu Al-Khowarizmi, atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan Algorizm atau Algorithm. Beliau adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan.

Pada tahun 1822 Charles Babbage mendesain difference engine sebagai konsep komputer pertama, namun komputer ini tidak dapat diselesaikannya. Pada tahun 1834, beliau mendesain analytical engine sebagai kelanjutan dari karya sebelumnya yang merupakan cikal bakal dari konsep komputer. Pada tahun 1843 mesin analytical engine ini disempurnakan oleh Ada Lovelance.

sejarah komputer generasi pertama
Sejarah komputer generasi pertama

Lalu pada tahun 1920 diciptakannya komputer analog oleh Vannevar Bush, selanjutnya muncul lagi komputer dengan menggunakan perangkat elektronika yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse pada tahun tahun 1930.

Pada tahun 1877, Mesin ketik hasil karya Christopher Latham mulai dipasarkan oleh perusahaan Remington. Mesin ketik ini mengilhami keyboard pada komputer.

Cikal bakal perusahaan IBM berdiri dengan nama pada awalnya Computing Tabulating Company pada tahun 1911. Pada tahun 1924, perusahaan tersebut berubah nama menjadi IBM (International Business Machines).

Pada tahun 1942, komputer pertama dibuat yang diberi nama dengan ENIAC. Selanjutnya di tahun 1945, Munculnya Mesin komputer Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC), mesin ini merupakan general purpose computer atau komputer untuk segala tujuan, yang keseluruhannya dijalankan secara elektronik. Diciptakan oleh Prof. John W Mauchly dan Prosper Eckert dari universitas Pensylvania dengan menggunakan fasilitas dari Moore of Electronical Engineering.

John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun yang sama, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann machine", dimana program disimpan di memori . Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.

ENIAC sebagai komputer generasi pertama ngadat karena nyasarnya seekor serangga (bug) diantara tabung-tabung hampa pada tahun 1946. Peristiwa ini dijadikan sebagai bug pertama dalam sejarah komputasi.

Pada tahun 1946, Claude Shannon mengeluarkan makalahnya yang berjudul A Mathematical Theory of Communication yang menjadi basis dari ilmu baru yang disebut teori informasi (information theory). Ide utamanya adalah bagaimana mengirimkan informasi tanpa terganggu oleh noise . Salah satu caranya adalah mengkodekan informasi dalam bilangan biner .

Di tahun 1949, Electronic Delayed Storage Automatic Computer merupakan mesin komputer generasi pertama dari Inggris yang diciptakan oleh Universitas Cambridge. Setahun kemudian, Komputer Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang dihasilkan oleh Macuhly, Eckert dan ahli-ahli lainnya, dapat diselesaikan. Mesin ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari ENIAC, tetapi memiliki kemampuan yang lebih besar dan menggunakan punched card-tape sebagai input dan programmnya.

Pada tahun 1958, Jack Kilby membuat IC yang pertama. Dan barulah pada dua tahun kemudian universitas-universitas marak membuka kelasnya untuk mendalaminya dan dilakukan formalisasi dari keilmuan dalam bidang teknologi ini. Dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi tersebut pada berbagai penelitian dan percobaan. Sehingga munculah jurusan dengan nama Informatika (Informatics), Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), dan Komputing (Computing).

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post