Khasiat Wedang Jahe Uwuh Khas Jawa Tengah

Wedang artinya minuman sedangkan uwuh berarti sampah dimana wedang uwuh khas Jawa Tengah ini berarti wedang sampah. Namun sampah yang digunakan bukanlah sampah hasil akhir rumah tangga atau industry. Wedang ini terbuat dari berbagai jenis daun dan akar, kayu herbal yang sengaja tidak dihaluskan sehingga tampilannya seperti minuman yang ada sampah di dalamnya.

Khasiat wedang jahe uwuh untuk kesehatan

Rasa dari wedang uwuh ini adalah manis dan pedas dengan aroma yang sangat kuat dan wangi karena tanaman herbal yang ada di dalamnya. Mengingat minuman ini terbuat dari bahan alami sudah pasti minuman  tradisional satu ini memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan. Berikut 5 Khasiat  Wedang Uwuh Khas Jawa Tengah untuk Kesehatan.

Mengontrol Kolesterol

Salah satu bahan di dalam wedang ini ialah jahe. Jahe sangat berguna sebagai pemancar peredaran darah. Sifat koagulan yang dimiliki jahe mampu mencegah terjadinya pembekuan darah melebihi pencegahan yang diberikan oleh bawang merah maupun bawang putih.

Selain itu, jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di jepang yang memperlihatkan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami di dalam jahe. Tidak hanya itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

Obat Sakit Perut

Dalam wedang uwuh terdapat kayu manis. Kayu manis membuat rasa dari minuman herbal ini menjadi lebih nikmat. Di dalam kayu manis terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda.

Sebagai Antioksidan

Selain kayu manis dan jahe, di dalam wedang uwuh khas Jawa Tengah ini juga terdapat bahan berupa kayu secang. secang memiliki banyak manfaat diantaranya adalah untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan.

Kayu secang ini juga dapat memberi rasa hangat pada tubuh serta mampu menjadi antioksidan, anti kanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah.

Pereda Nyeri

Di dalam wedang uwuh juga terdapat bahan berupa pala. Bahan tersebut memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, serta melancarkan pencernaan.

Kandungan polifenol, saponin, dan flavonoid, yang terdapat dalam daun pala tersebut juga dapat menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, mengatasi gangguan pada lambung dan melancarkan sirkulasi darah.

Penghangat dan Penyegar Badan

Selain mampu untuk mencegah serta menyembuhkan masuk angin minuman ini memiliki manfaat yang mampu untuk kehangatan badan. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya pembuatan minum ini terbuat dari salah satu bahan alami yaitu jahe. Khasiat jahe ini lah yang mampu menghangatkan badan apalagi di saat cuaca dingin.

Dengan rajin mengkonsumsi wedang uwuh khas Jawa Tengah ini dapat membuat badan terasa lebih segar, tidak mudah lelah. Selain itu membuat tubuh lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehingga akan membuat otak dalam konsentrasi yang tinggi.


Itulah manfaat atau khasiat yang bisa didapatkan dari wedang uwuh atau wedang sampah yang merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah. Bisa membuat wedang uwuh secara tradisional maupun membeli yang instan manfaat yang didapatkan tubuh akan tetap sama. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment