Cara Membuat Head Cleaner Sendiri

Cara Membuat Head Cleaner Sendiri

Posted on

Apa itu Head Cleaner? Head Cleaner adalah cairan yang digunakan untuk Head printer jika tersumbat. Berbagai cara yang kini marak untuk membuat head cleaner sendiri di rumah. Kadang banyak orang yang mengeluh karena harga head cleaner yang dijual sangat mahal padahal anda bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan yang mungkin anda sudah punya. Membersihkan head memang diperlukan sebagai langkah perawatan pada printer tersebut. Perawatan tersebut sangat diperlukan untuk menjaga baik dari kinerja sampai dengan usia penggunaan printer. Head juga merupakan bagian paling penting dalam printer apabila sudah rusak maka menggantinya akan sangat mahal sekali. Untuk cara mudah membuat head cleaner sebagai berikut ini :

Cara yang pertama adalah Anda bisa membuat head cleaner dari sisa head cleaner sebelumnya. Bahan tambahan lain adalah pembersih kaca 40 %, alkohol 40 %, dan usahakan sisa head cleaner sebelumnya sekitar 20 %. Campurkan semua bahan tersebut sampai rata dan diamkan beberapa saat. Head cleaner baru tersebut siap untuk digunakan. Untuk menggunakannya cukup mudah dengan menyiapkan suntikan bekas dan selang kecil bekas printer rusak sebelumnya, Jika tidak ada anda bisa menggantinya dengan selang kecil yang biasa digunakan untuk aquarium.

Setelah anda dapatkan peralatan tersebut, isi sampai penuh suntikan tadi dan semprotkan ke head printer yang akan dibersihkan. Biarkan sampai 10 menit lalu sedot lagi cairan yang masih di dalam head tersebut dengan menggunakan suntikan yang kosong. Pasang kembali cartridge dan nyalakan printer anda seperti semula.

Untuk cara kedua, lebih mudah jika anda ingin membuat cleaner dari awal. Bahan yang diperlukan adalah pemutih pakaian merk proclin dan air mineral murni untuk menghidari adanya kotoran pada air biasa, kedua bahan tersebut kemudian campur sampai rata dan head cleaner siap untuk digunakan. Campuran kedua bahan tersebut sudah dicoba untuk membersihkan head printer dengan hasil yang baik. Hasilnya yang bersih dan terhindar dari masalah head lainnya. Setelah membersihkan lebih baik untuk membiaran sampai beberapa saat agar hasilnya lebih maksimal. Setelah itu baru bisa dinyalakan kembali printer anda agar tinta dapat turun ke dalam head printer tersebut.

Beberapa cara di atas sudah diuji dengan menggunakan head printer beberapa merk dan hasil yang didapatkan juga memuaskan. Selama ini belum ada kendala lanjutan mengenai penggunaan bahan di sebagai head cleaner. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri karena dihitung lebih murah dibandingkan harus membeli dengan harga yang cukup mahal.

Back