Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar – Official Astronauts Blog

Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar – Official Astronauts Blog

Posted on

mengenal diet debm

Ada berbagai metode untuk menurunkan berat badang, salah satunya dengan cara diet DEBM. Diet yang satu ini mengklaim bisa turunkan berat badan sebanyak 2 kg hanya dalam waktu seminggu saja. Sebelum mencobanya, kamu harus mengetahui dulu apa itu diet DEBM dan cara melakukannya dengan baik dan benar seperti berikut ini. 

Baca Juga: Daftar Menu Diet Debm Untuk Pemula

Pengertian Diet DEBM 

Diet DEBM atau Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan ini merupakan salah satu program makan. Diet yang satu ini diperkenalkan oleh Robert Hendrik Liembono. Aturan dari diet DEBM yang ia buat ini berhasil menjadikan berat badan banyak orang turun secara drastis. 

Robert bukanlah seorang tenaga medis, ahli gizi atau dokter. Dikutip dari hasil wawancara bersama Tempo, Robert mengaku sukses turunkan berat badan puluhan kilogram sesudah menerapkan diet DEBM. 

Beberapa tahun yang lalu, Robert pernah mengalami lonjakan berat badan dari yang awalnya 78 kg menjadi 107 kg. Tetapi, sesudah mengikuti cara diet ini, berat badannya bisa turun menjadi 75 kg. 

Dari ilmu hasil berselancar di Internet dan pengalaman pribadi, Robert memberanikan diri untuk membagikan cara diet ini ke sosial media. Tidak disangka, cara diet yang dibuatnya ini memperoleh respon positif. Banyak orang yang mengaku sukses menurunkan berat badan dengan jangka waktu yang singkat. 

Karena sangat populernya, pengikut diet di sosial media telah lebih dari 500 juta orang. Bahkan, buku tentang diet yang telah ditulis oleh Robert juga akhirnya dicetak ulang sebanyak 4 kali, lho! 

Sesuai dengan namanya, cara diet DEBM ini sangat ringan dan menyenangkan untuk dijalani, bahkan untuk para pemula sekalipun. Alasannya sebab orang yang menerapkan cara diet ini tetap bisa mengkonsumsi makanan dan tidak harus menahan lapar. 

Tidak hanya itu, berbeda dari kebanyakan cara diet lainnya, diet DEBM ini masih menganjurkan makan 3 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang dan malam hari. Namun, ada beberapa aturan yang harus kamu pahamu supaya dapat menerapkan cara diet yang satu ini dengan benar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Supaya lebih jelasnya, di bawah ini merupakan cara diet DEBM yang baik dan benar. 

1. Sarapan dengan makanan tinggi protein 

Di antara waktu makan yang lainnya, sarapan pagi mempunyai peran penting dalam metode diet DEBM ini. Karena, lewat jam makan ini kamu dapat merasa tidak mudah lapar dan menghindari makan dengan porsi yang banyak pada siang hari. Jika sampai dilewati, kamu bisa berpotensi untuk merasa lapar secara berlebihan sampai kurang menjaga asupan makanan pada jam makan lainnya. 

Ketika menerapkan diet DEBM, upayakan untuk mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi saat sarapan. Jangan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sebab dapat mengakibatkan program dietmu tidak berjalan dengan lancar. 

Sejumlah jenis makanan yang bagus dikonsumsi ketika sarapan yaitu dada ayam, telur, atau daging merah yang dapat dikonsumsi dalam cara digoreng tanpa perlu membuang minyaknya terlebih dahulu. 

2. Makanan protein hewani dan sayur saat siang hari 

Sedangkan untuk waktu makan siang, kamu harus mengelola makanan dengan kandungan nutrisi dan jumlah yang tepat dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai catatan, kamu bisa mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, katuk dan kangkung, serta makanan yang mempunyai kandungan protein hewani. 

Dengan memilih jenis makanan di atas, berat badanmu bisa sangat mudah diturunkan sebab mengkonsumsi makanan berkalori dan berkarbohidrat rendah serta mencukupi asupan serat tubuh, meskipun volume makanannya tetap terjaga. 

Baca Juga: 21 Contoh Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok Untuk Diet

3. Makan malam dengan protein hewani 

Ketika malam hari, kamu tetap bisa makan, tetapi upayakan untuk tidak mengkonsumsi makanan lebih dari jam 6 sore. Tujuannya supaya organ pencernaan mempunyai waktu istirahat yang dapat dipakainya untuk membakar semua lemak yang sudah terkumpul di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, membatasi jam makan malam sebelum jam 6  bisa menurunkan potensi melonjaknya kadar gula dara saat tidur sehingga mengakibatkan lemak yang menumpuk. Sedangkan untuk jenis asupannya, kamu bisa mengkonsumsi jenis protein hewani sebab bagus untuk membentuk otot. 

4. Kurangi mengkonsumsi cemilan 

Mengkonsumsi ketika menerapkan cara diet DEBM sebetulnya tidak dilarang. Namun, pastikan kamu tetap membatasi porsi makanan ringan yang ingin dikonsumsi supaya tidak sampai berlebihan. 

Lalu, jangan mengkonsumsi camilan yang banyak mengandung gula sebab bisa memicu naik nya berat badan dan program dietmu menjadi sia-sia. Tahan juga keinginan untuk memakan camilan asin sebab dapat menaikan penyerapan air pada tubuh dan menjadikan berat badan meningkat. 

Apabila kamu ingin mengkonsumsi cemilan, kamu dapat mengkonsumsi buah segar atau camilan dengan kandungan rendah lemak supaya tidak memberikan dampak buruk untuk tubuh. 

Daftar Menu Diet DEBM 

Kamu bisa mengikuti daftar menu berikut jika masih bingung untuk menentukan makanan yang ingin dimakan saat menjalani diet DEBM. 

1. Pagi hari 

Banyaklah mengkonsumsi makanan berprotein tinggi supaya nafsu makan bisa terkontrol seperti yogurt bebas gula, salad sayur dan dada ayam, susu protein tinggi, telur rebus, alpukat keju dan omelet keju

2. Siang hari 

Disarankan untuk memakan makanan dengan kandungan protein hewani, seperti ayam, daging sapi, keju, susu protein, ikan dan telur rebus.

3. Malam hari 

Beberapa menyarankan menu makan DEBM untuk malam hari yaitu bayam dan ayam panggang, alpukat keju, sate kambing, wortel, brokoli dan steak

Baca Juga: Panduan Makanan 2000 Kalori untuk Mendukung Program Dietmu

Nah, itulah cara diet DEBM yang bisa kamu coba terapkan untuk membantu turunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Lakukan diet ini secara konsisten agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sukseskan diet dengan konsumsi makanan-makanan sehat yang bisa kamu pesan secara online hanya di Astro. Pesan segala kebutuhan dietmu di Astro yang punya pengiriman cepat hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Referensi: